twitter
rss

Wahai Para Pendidik, bunda dan guru.. Simaklah jawaban anak dengan baik dari pertanyaan terbuka yang diberikan

Pertanyaan terbuka adalah pertanyaan yang memberikan jawaban luas dan bebas kepada yang ditanya. Tidak ada multiple choise atau pilihan ganda. Penanya seharusnya memberikan kebebasan kepada Sipenjawab untuk memberikan jawaban apa saja, asal dapat memberikan argumentasi yang dapat dipertanggungjawabkan.

Di bawah ini beberapa jawaban terbuka dari anak usia SD kelas 1-2, yang diberikan gurunya di sekolah pada saat tes semesteran... Apakah jawaban mereka benar atau salah..? Mari kita simak bersama



1. Seorang anak laki kelas 1 SD memberikan hasil ujiannya kepada bunda di rumah. Alhamdulillah mendapat nilai memuaskan, walau tidak mencapai nilai sempurna ( sepuluh maksudnya..:-) ). Sang bundapun mengoreksi bersama putra tercintanya (maklum anaknya baru satu..). Ada beberapa pertanyaan terbuka yang menarik untuk dikaji lebih dalam (wah seperti anak kuliahan saja yah), yang menurut bundanya jawaban itu adalah benar (walau sambil tersenyum membaca jawabannya), pertanyaannya :
Sesama tetangga kita harus saling..? mau tau jawaban sang anak ? Jawabannya adalah :
Saling menitipkan anak... (he..he..ga nyambung yah), ternyata itu adalah yang dialami anak sehari-hari, ketika bundanya pergi maka ia akan dititipkan ketetangga sebelah rumah, begitu juga sebaliknya.. Sedang sang guru menginginkan jawaban "saling menghormati".
jawaban teoritis, sedang anak menjawab sesuai dengan apa yang ia jalani sehari-hari bersama tetangganya.. ;-)

0 comments:

Post a Comment