twitter
rss

Karakteritik Anak Usia Dini

Spontan

Salah satu ciri anak usia dini adalah spontan. Maksudnya adalah ia akan bertindak atau mengucapkan sesuatu  langsung sesuai yang ia tahu atau ia rasakan.
Nah cerita ini terjadi di kelas kelompok A, usia 4 tahun. Ketika bu guru mengajarkan tentang nama-nama tempat dan kegunaannya, seperti pasar, bengkel, toko matrial, apotik dan lainnya. Maka murid-muridpun berebutan mengangkat tangannya untuk menjawab. Dengan cepat mereka berkata bahwa pasar untuk berbelanja, apotik untuk membeli obat. Nah ketika ditanya tempat apakah matrial itu, semua anak terdiam, tiba-tiba seorang anak mengangkat tangannya dan menjawab "matrial tempat kita beli bakso bu guru.. katanya dengan yakin. Melihat wajahnya yang polos dan jawabannya yang spontan itu, sang gurupun menahan tawanya, karena bu guru memahami bahwa di lingkungan sekolah itu  bila mau membeli bakso, ternyata tempatnya di samping toko matrial. Jadi pengalaman si anak kalau mau beli bakso bersama bundanya, maka sang bunda akan berkata,  "Yuuk kita beli bakso di matrial.."

He..he..he.. jadi tidak salah dong kalau ia menjawab dengan "Spontan" bahwa toko matrial adalah tempat beli bakso.. Wong info yang dia dapat seperti itu..

0 comments:

Post a Comment