twitter
rss

27 Jan

Kegiatan Darmawisata/Field trip, salah agenda rutin TKIT Insan Mulia.
Dilakukan sesuai dengan tema kegiatan sekolah.

Januari ini, dengan tema Kota, seluruh siswa berkunjung ke Monas, Masjid Istiqlal dan naik Bis wisata keliling Istana, Monas, Bunderan HI....

Anak-anak sangat antusias mengikuti perjalanan FT.

Dengan kerjasama yg sangat baik dari orang tua, tepat jam 7 pagi, rombongan bis jalan menuju Monas. Ternyata membawa berkah, Monas baru buka, sehingga anak-anak mendapat kesempatan awal naik sampai ke Puncaknya...
Wooow... Kesempatan yg tak terduga..
Anak dapat melihat pemandangan yang ada disekitar kota Jakarta.
Setelah itu ananda menaiki kereta gratis Monas menuju Bis Wisata Gratis, keliling seputar Monas.
Senang sekali ananada menaiki Bis Tingkat berwarna merah. Udara sejuk menggunakan AC dan tempat duduk yg nyaman membuat anak semakin menikmati perjalanan.
Akhir perjalanan di Masjid Istiqlal, ananda melaksanakan sholat dzuhur berjama'ah dan makan siang bersama.

Semoga ini menjadi kegiatan yang berkesan dan bermanfaat untuka ananda di masa datang.....

18 Jan

Kelompok Play Grup usia 3-4 tahun, berada di masa ke"Emas"an..
Bila kita mampu mengembangkan seluruh kemampuannya dengan benar dan baik, maka anak akan tumbuh berkembang dengan potensi yang luar biasa..

Salah satu tahap awal pembelajaran adalah mengenalkan warna..

Dengan menggunakan berbagai peralatan, mainan yang dipakai sehari-hari, bermain memgenal warna menjadi kegiatan yang menyenangkan...

Anak antusia, ceria, semangat dan mulai mengenal warna...

Yuuk kita lihat kegiatannya
Kelompok Merah (PG Insan Mulia)

29 Nov

Berdagang..?
Asyiik lho... Apalagi bila dagangannya laku semua.. Waah senangnya

Memgajarkan anak berdagang sejak dini..?
Ini dia yang dilakukan oleh TK dan PAUD Insan Mulia..
Dengan kerjasama antara guru dan orang tua yang sangat baik, Alhamdulilah kegiatan Market Day berjalan sangat menyenangkan untuk ananda semua.
Mereka terlihat semangat dan antusias menjual dagangannya, menerima uang, memberikan barang dagangan, dan lainnya..
Ditambah lagi ananda memakai kostum dari daur ulang dan "warung"nya pun dihias, semakin semangat saja ananda berjualan...
Terima kasih bunda, kami senang sekali..

Kita lihat yuuk dokumentasi kegiatannya

Nov,2015

2 Oct




Pengalaman melihat langsung proses pengolahan sampah dari rumah, diangkut petugas sampah dan terakhir dikumpulkan di Tempat Pembuangan Sampah Akhir akan membekas baik dalam ingatan anak usia dini.

4 Aug

Manfaat dan Tahapan MENGGUNTING

Anak Usia Dini

📜✂📜✂📜✂📜✂📜✂📜

Kegiatan menggunting merupakan kelanjutan dari tahap kegiatan meremas dan merobek kertas pada anak PAUD. Kegiatan menggunting dimaksudkan untuk melatih kemampuan motorik halus anak khusunya untuk melatih jari-jari anak melalui kegiatan menggunting dengan media gunting dan kertas dengan berbagai pola sesuai tahap perkembangan anak.

Anak perlu mengunting karena
a. Menggunting merupakan kegiatan yang sangat disukai anak
b.berguna untuk mengembangkan sensori motor
c.berguna untuk mengembangkan kekuatan otot tangan
d.berguna untuk mengembangkan kekuatan jari tangan

Tujuan mengunting adalah untuk mempersiapkan anak usia dini menuju pendidikan tahap selanjutnya khususnya kemampuan untuk menulis karena dalam menulis dibutuhkan kekuatan otot-otot jari-jari dan koordinasi mata dengan tangan yang dapat dilatih melalui mengunting.

Sebelum anak memasuki tahapan pengalaman menggunting, anak harus diberikan kegiatan-kegiatan awal yang difasilitasi orang tua atau pendidik, yaitu :
1. Kegiatan anak memungut benda-benda kecil
2. Kegiatan meremas
3. Kegiatan merobek dengan sepenuh tangan
4. Kegiatan merobek dengan jari.  

Untuk kegiatan menggunting ini ada beberapa persiapan yang harus dilakukan pendidik atau orang tua di rumah yaitu :

1. Menyiapkan gunting
Untuk anak berilah gunting yang bagian depannya tumpul agar tidak membahayakan bagi anak.

2. Menyiapkan kertas yang akan digunting anak dengan persiapan kertas sebagai berikut :

📜Kertas polos (tidak diberi pola)
📜Kertas dengan pola garis sejajar penuh
📜Kertas dengan pola garis sejajar patah-patah
📜Kertas dengan garis zig zag
📜Kertas dengan pola garis lengkung
📜Kertas dengan pola lingkaran
📜Kertas dengan pola kompleks dengan bentuk-bentuk tertentu
Pola-pola kertas tersebut di atas disediakan untuk memfasilitasi tahap perkembangan menggunting anak yang berbeda-beda

3. Menyiapkan amplop
Amplop disiapkan untuk mendokumentasikan hasilguntingan anak, satu amplop untuk satu anak.

Adapun tahapan-tahapan kegiatan menggunting yang dapat dilakukan bagi anak adalah:

Tahap ke-1 : ✂Menggunting sekitar pinggiran kertas

Tahap ke-2 : ✂Menggunting dengan sepenuh bukaan gunting

Tahap ke-3 : ✂Membuka dan menggunting terus menerus untuk sepanjang kertas

Tahap ke-4 : ✂Menggunting di antara dua garis lurus

Tahap ke-5 : ✂Menggunting Bentuk tetapi tidak pada garis

Tahap ke-6 : ✂Menggunting pada garis tebal dengan terkendali

Tahap ke-7 : ✂Menggunting bermacam-macam bentuk

📜✂📜✂📜✂📜✂📜✂📜